KPU: ribuan dukungan Eggi Sudjana fiktif

komisi pemilihan umum (kpu) kabupaten jember menyebutkan ribuan dukungan bakal calon gubernur jawa timur jalur perseorangan eggi sudjana sementara fiktif.

berdasarkan hasil verifikasi selama tingkat desa juga kecamatan yang dilakukan panitia pemilihan kecamatan (ppk) tercatat sebanyak 95, 65 persen dari total berkas dukungan yang mencapai 38 ribu lebih fotokopi kartu tanda masyarakat (ktp) adalah fiktif, papar komisioner komisi pemilihan umum (kpu) jember, habib m. rohan, sabtu.

kpu jember melakukan verifikasi sebanyak 38 ribu fotokopi dukungan untuk pasangan calon gubernur serta wakil gubernur jatim jalur perseorangan, eggi sujana-m. sihat, dan tersebar dalam 26 kecamatan selama 140 desa atau kelurahan selama kabupaten setempat.

penghitungan hasil verifikasi berkas dukungan cagub eggi sudjana diselenggarakan secara terbuka dalam aula kpu jember hari ini juga hasilnya sekitar 1.700 orang atau 4,35 persen yang benar-benar mendukung calon kepala daerah independen itu, katanya.

Informasi Lainnya:

dalam verifikasi faktual dan dilaksanakan, lanjut dia, ditemukan alamat yang bukan daripada kabupaten jember, melainkan kabupaten/kota yang lain di jatim semisal kota batu, kabupaten lumajang, tuban, probolinggo, dan bondowoso.

ada juga penduduk dan dicatut ktp-nya di berkas dukungan tersebut, tapi dan bersangkutan menyatakan tak pernah memberikan dukungan kepada eggi sudjana-m. sihat untuk menjadi bakal calon kepala daerah jatim, paparnya.

habib menilai pasangan cagub jatim daripada jalur perseorangan itu belum siap dan administrasi pemberkasan dukungannya baru amburadul, sehingga tak pas melalui ketentuan persyaratan dukungan.

sesuai undang-undang nomor 12 tahun 2008 mengenai pemerintahan daerah, calon perseorangan disyaratkan mengantongi dukungan tiga persen daripada total kasus penduduk. melalui ketentuan itu, bakal calon perseorangan pada jatim paling tidak mesti mengantongi 1.118.096 dukungan dan dibuktikan dengan foto kopi ktp atau identitas lainnya.