Mahasiswa IBI Darmajaya ciptakan detektor jarak kendaraan

mahasiswa fakultas ilmu komputer ibi darmajaya, taufik hidayat, menciptakan rancang bangun sistem pendeteksi jarak sebagai alat pemandu parkir pada mobil, supaya mampu digunakan oleh berbagai kendaraan.

menurut taufik, pada bandarlampung, jumat, apabila ceroboh dalam memarkirkan mobil, maka bumper mobil akan mengalami lecet.

guna memangkas kejadian tersebut, papar dia, amat disarankan supaya kendaraan sudah terpasang sensor parkir melalui indikator-indikatornya dan dapat berupa display tampilan serta bunyi.

taufik membuat rancang bangun sistem pendeteksi jarak dijadikan alat pemandu parkir dalam mobil dengan sistem mikrokontroler dibuat pengendali sistem utamanya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa jurusan sistem komputer ibi darmajaya ini menjelaskan, lalu sebagai pendeteksi jarak, menggunakan modul sensor ultrasonic ping buatan parallax dan terdiri daripada tx (transmitter) juga rx (receiver).

sebagai output, digunakan sebuah lcd (liquid cristal display) untuk menampilkan jarak, led juga suatu buzzer untuk indikator bunyi.

hasil yang dibeli daripada pembuatan prototype rancang bangun sistem pendeteksi jarak dibuat alat pemandu parkir pada kendaraan, alat itu bisa digunakan supaya mengukur jarak parkir mobil.

jarak yang terukur muncul ke lcd di satuan sentimeter beserta statusnya semisal apa kalau jarak yang terukur adalah lebih besar dari 30 sentimeter.

pada lcd, dengan kondisi itu, hendak tertampil status kondisi : tidak berbahaya juga led tidak menyala serta buzeer tak bunyi dijadikan tanda baru selama jarak tidak berbahaya.

taufik memaparkan, apabila jarak dan terukur 29 sentimeter sampai 20 sentimeter, dengan demikian pada lcd ingin tertampil status kondisi: awas led kuning ingin menyala juga buzzer bunyi namun delay bunyi buzzer lebih lambat, dan jika jarak yang terukur adalah 19 sentimeter sampai 0 sentimeter dengan demikian mau tertampil status kondisi : bahaya led merah menyala dan didampingi bunyi buzzer melalui delay bunyi lebih cepat.

wakil rektor jenis akademik dan riset ibi darmajaya, envermy vem msc, didampingi kepala jurusan sistem komputer yuni arkhiansyah skom mkom menegaskan kiranya pihaknya senantiasa mendukung segenap civitas akademika untuk terus berinovasi dan berkontribusi bagi warga.

kami sangat bangga sejumlah mahasiswa menghasilkan karya ilmiah dan bisa menyerahkan sumbangsih, tidak hanya bagi kampusnya namun juga kepada lingkungan sekitarnya, ujarnya.

menurut envermy, dibuat jenis komitmen ibi darmajaya mewujudkan lulusan yang berkompeten pada bidangnya juga berwawasan technopreneurship, kampus biru ini selalu memotivasi mahasiswanya untuk menghasilkan karya ilmiah dan mampu menyerahkan kontribusi terhadap warga.