Nelayan Gunung Kidul tangkap ikan pari raksasa

nelayan pantai baron dalam kabupaten gunung kidul, daerah istimewa yogyakarta menangkap ikan pari patokan amat besar serta raksasa, dengan lebar enam meter, serta berat diperkirakan mencapai 800 kilogram.

penangkapan ikan pari tersebut adalah tontonan wisatawan dan sedang mengunjungi pantai baron, sabtu.

salah seorang nelayan pantai baron dan menangkap ikan pari tersebut, sukamto, mengatakan pada jumat (5/4) malam, dirinya bersama rekannya menebar jaring selama laut.

tadi pagi ketika mau mengangkat jaring, saya terkejut sebab banyak ikan dan sulit terangkat. sesudah dicek, ternyata aku menjerat ikan yang amat besar, ujarnya.

Informasi Lainnya:

ia menungkapkan dirinya juga beberapa orang temannya bekerja mengangkat ikan tersebut ke kapal, tapi perhatian kapal tak cukup, karena kapal bidang jukung lebarnya cuma dua meter. ukuran kapal tidak lumayan supaya membawa ikan itu, sebab lebar ikan dua kali lipat lebar kapal kami, ujarnya.

menurut dia, ikan pari itu berhasil dipinggirkan atau dibawa ke daratan, dengan mencari dua kapal jukung milik nelayan lain, sekitar pukul 14.00 wib.

untuk mengangkut ikan tersebut terpaksa memanggil nelayan lain sekaligus meminjam kapalnya, ujarnya.

sukamto mengatakan permukaan air laut yang sedang surut menyebabkan ikan itu malah ketemu.

sehingga, papar dia, dibutuhkan bantuan Satu kendaraan jenis jeep untuk menariknya. karena, ikan ini tak mampu dibawa ke daratan, sebab air laut tengah surut, katanya.

sesampainya dalam daratan serta pada pantai, ikan tersebut merupakan tontonan penduduk, juga wisatawan dan tengah berada selama pantai baron.

saya masih pertama kali melihat ikan pari sebesar ini, papar wisatawan asal slawi (jawa tengah), didit. rencananya ikan tersebut mau dibagi-bagi untuk kaum nelayan pantai baron.