Kutai Timur usulkan UN SMA pekan depan

panitia pelaksanaan ujian nasional kabupaten kutai timur langsung mengajukan usulan ke provinsi kalimantan timur juga panitia pusat dalam jakarta supaya pelaksanaan un tingkat sma/smk sederajat dimulai 22 april 2013.

kepala bidang pendidikan menengah, dinas studi kabupaten kutai timur, wagiman, dikontak diantara, selasa malam, menyampaikan pihaknya masih mengadakan rapat khusus membahas usulan penundaan un daripada jadwal, kamis (18/4), dimundurkan mulai senin (22/4).

usulan kami un diselenggarakan senin hingga jumat (22-26/4) dengan beberapa pertimbangan, sementara materi ujian tetap semisal jadwal semula. usulan segera kami sampaikan ke provinsi juga jakarta, katanya.

menurut wagiman, banyak beberapa pertimbangan dan alasan mengusulkan un diundur adalah senin pekan depan, pertama hingga selasa malam pukul 21.00 wita, belum banyak info tentang naskah soal ujian.

Informasi Lainnya:

kami belum memperoleh kabar, apakah naskah soal un malam ini serta besok (rabu) seluruhnya hingga ataupun belum. belum lagi diperlukan masa untuk distribusi naskah soal ke kecamatan-kecamatan. belum ada jaminan un mampu dimulai kamis (18/4), ujarnya.

kalau soal un tiba dalam sangatta, ibu kota kabupaten kutai timur, rabu, ujarnya, pihaknya juga tidak dapat menjamin apakah semua soal mau terdistribusi melalui lancar hingga ke rayon-rayon.

hal tersebut mengingat geografis serta beberapa kawasan dalam kutai timur terisolisasi, sehingga menyulitkan dari pihak transportasinya. lalu kondisi jalan dalam semua wilayah rusak dan besar dilalui saat hujan seperti sekarang.

seperti wilayah pesisir sangkulirang ketika kondisi normal bisa dilalui pada 5-6 jam. terlalu juga wilayah pedalaman muara bengkal serta muara wahau kalau perjalanan mobil lancar memerlukan 6-8 merek serta apabila hujan lebih berlalu dulu.

transportasi dari kota sangatta menuju rayon-rayon tempat dilaksanakannya un cukup besar. malahan dapat bermalam dalam jalan kalau terjadi hujan. belum kendala antrean kendaraan di jalan rusak, papar wagiman menambahkan.

kalau un tingkat sma/smk sederajat dilaksanakan senin (22/4), diharapkan hasilnya akan lebih bagus sebab persiapan panitia juga siswa audien juga maksimal.

sedangkan jika dipaksanakan mulai kamis (18/4), mungkin saja mampu dilaksanakan, ternyata tak menjamin apakah semua soal bisa didistribusikan ataupun tidak? tuturnya balik bertanya.

dia berharap bagian provinsi kaltim dan panitia pusat dalam jakarta menyetujui usulan penundaan pelaksanaan un tersebut, dengan harapan seluruh soal sudah sampai sampai rayon dan pelaksanaannya hendak lebih bagus.