90 persen industri di Jawa dan Sumatera

wakil menteri (wamen) perindustrian, alex sw retraubun, menyatakan kesenjangan selama indonesia masih sulit, karena 70 persen industri banyak selama jawa, 20 persen industri pada sumatera, dan 10 persen industri terbagi di sederat wilayah selama luar tersebut.

karena itu, pengusaha dan membawa peti kemas ke papua adalah lebih mahal ongkosnya daripada ke china, sebab kapal yang membawa peti kemas tersebut balik pada keadaan kosong. itu pengusaha gila namanya, katanya selama surabaya, jumat.

saat menghadiri sidang terbuka beriklan doktor supaya dosen universitas pattimura (unpatti) maluku dr ir marcus tukan bse mt dalam auditorium pascasarjana its surabaya, ia mengaku hal demikian yang mendorong masterplan percepatan juga perluasan pembangunan ekonomi indonesia (mp3ei).

mubazir kalau kita membangun pelabuhan tanpa mengembangkan industri, ujarnya saat mengomentari model dan digagas marcus tukan supaya mengukur kemajuan ekonomi suatu wilayah dengan mengukur lama dermaga/pelabuhan, bukan lama jalan.

Informasi Lainnya:

menurut alex retraubun yang serta alumni unpatti tersebut, gaya dan dikembangkan rekannya marcus tukan merupakan hasil penelitian yang strategis, karena patokan pertumbuhan ekonomi pada kawasan timur berbasis pelabuhan, bukan jalan semisal selama jawa.

itu strategis, karena dia mendapatkan gaya kiranya panjang pelabuhan itu berbanding lurus melalui pertumbuhan ekonomi pada suatu wilayah kepulauan. itu seperti fungsi jalan pada jawa. model tersebut mengisyaratkan pentingnya pembangunan pelabuhan dan industri dalam kawasan timur, katanya.

dalam kaitan potensi maluku, ia menyampaikan web mp3ei selama wilayah tersebut mau menyebabkan kawasan maluku juga sekitarnya merupakan lumbung ikan secara nasional. namun, sejauh mana teknis `lumbung ikan` pada maluku itu, tanyakan selama pemerintah sana, katanya.

sementara itu, promovendus marcus tukan selama paparannya menegaskan bahwa lama pelabuhan serta dermaga dalam sebuah wilayah ada hubungannya dengan pertumbuhan ekonomi daerah, sebab keberadaan infrastruktur pelabuhan itu menunjukkan kinerja ekonomi dalam daerah.

semakin lama dermaga, dengan demikian semakin tinggi pertumbuhan ekonomi, tapi teknologi serta kualitas keekonomian produk pada bongkar muat barang dalam suatu pelabuhan juga menentukan parameter pertumbuhan ekonominya, katanya.